Senin, 01 April 2019

RESENSI (REVIEW) BUKU YANG DIMUAT DI KORAN HARIAN PADANG EKSPRESS

Mereview lagi ya?
Asyik kok... caranya juga ga terlalu rumit.
Cukup baca bukunya, pahami loh ya... maksud saya, pembahasan buku itu intinya tentang apa, kemudian ulas dalam resensi kita..

jangan lupa perhatikan format dalam mereview buku:


  1. Judul review yang menarik
  2. Judul buku
  3. Penulis 
  4. Cetakan ke berapa
  5. Tahun terbit minimal satu tahun dari tahun yang review
  6. Penerbit
  7. Tebal buku
  8. ISBN
contoh review saya yang di muat di Koran Harian Padang Ekspress ada di bawah ini, baca ya...😃😃😃😃

CARA EFEKTIF BELAJAR SAINS UNTUK ANAK
judul                : Gas dan Racun Menakutkan
Penulis             : Shin
Tahun terbit     : 2019
Tebal buku      :  200  hlm
Penerbit           : PT. Elex Media Komputindo
ISBN               : 978-602-04- 8965-0

          









Sains adalah tempat belajar untuk memahami dunia yang kita tempati. Fenonena alam yang tidak dimengerti oleh orang-orang sebelum kita, kini bisa dimengerti setelah kita belajar ilmu sains yang semakin berkembang.
Anak-anak memiliki rasa ingin tahu yang lebih tinggi dibanding orang dewasa. Keingin tahuannya sering dianggap sepele oleh orang dewasa dan anak akan terus bertanya hingga mereka puas dengan jawaban yang diberikan. Bagaimana jika mereka belum  puas dengan jawaban tersebut? Terkadang, beberapa dari mereka tak segan membuktikan rasa ingin tahunya dengan melakukan hal-hal yang dianggap bahaya oleh orang dewasa. Nah untuk mengantisipasi hal negatif tersebut, orang tua sebaiknya memberi sarana yang diperlukan. Salah satu cara dengan memberi bacaan-bacaan yang dikemas dalam bentuk menarik agar anak menyukainya dan tanpa sadar pengetahuan sains mereka telah bertambah. Bukunya dikemas melalui kisah yang seru, lucu, dan menarik. Buku komik memang alternatif yang cocok untuk anak.
Komik berjudul  Gas dan Racun yang Menakutkan ini diterbitkan PT. Elex Media Komputindo,  kelompok Gramedia merupakan komik terjemahan dengan judul asli Scary Poison and Gas, yang kemudian diterjemahkan dalam bahasa Indonesia dengan alih bahasa Suci Anggunnisa Pertiwi.              
Tokoh utamanya adalah Jongi dan Tori. Jongi, si pembuat onar yang super lucu dan penuh rasa ingin tahu. Jika ada Jongi, pasti ada keributan. Ia memiliki ketertarikan dalam hal racun dan gas tetapi pengetahuan tentang itu tidak ada sama sekali. Tokoh utama yang kedua adalah Tori, selalu memakai topi professor meski bukan professor. Ia punya ketertarikan terhadap sains, ketertarikannya lebih tinggi dibanding Jongi dan senang dengan uji coba sains. Tokoh lain, ada Ultra Power Man, Kolonel Duru, Letnan Duri, Peri Bunga, Putri Salju dan Ibu Tiri, juga ada Guru dan murid, Dokkaebi dan Kim Sat Gat.
Komik ini menginformasikan bahwa banyak racun berbahaya di sekitar kita. Ada racun alami, ada juga racun buatan manusia. Contoh racun alami yaitu bisa ular berbisa, jamur beracun, merkuri, timah, lipan, kalajengking, makanan basi, sabun, pemutih dan masih banyak lagi. Jika kita salah makan atau salah bersikap dan bertindak saat menghindari hewan atau benda yang berbahaya bisa membuat nyawa kita terancam. Selain berbahaya, racun juga bisa bermanfaat bagi manusia, misalnya obat yang diresepkan oleh dokter harus sesuai dengan petunjuk dokter agar penyakit segera sembuh. Bagaimana bila kita meminum obat tersebut melebihi dosis yang dianjurkan dokter? Tentu saja menyebabkan racun bagi tubuh.

Di buku  ini, ada cerita lucu tentang akibat mengkonsumsi vitamin secara berlebihan. Kisah vampir, mumi dan zombie. Tokoh utama sebagai vampire, tentu saja Jongi. Ia mencari peti matinya yang ternyata digunakan oleh Mumi Tori. Ketika ditanya, mengapa vampir Jongi bisa lupa dengan letak peti matinya? ia menjawab, matanya sedang rabun. Mumi Tori membantu Vampir itu dengan memberi vitamin A. karena ingin segera sembuh, Vampir Jongi  meminum vitamin A itu secara berlebihan. Melihat hal tersebut, mumi Tori terkejut dan segera mencegah tindakan Vampir Jongi. Mengkonsumsi vitamin A secara berlebihan ternyata tidak diperbolehkan karena vitamin A termasuk vitamin yang larut dalam lemak dan sulit larut dalam air. Jika vitamin larut dalam air yaitu vitamin B dan C, akan dikeluarkan dalam bentuk urine. Sedangkan vitamin yang tidak larut dalam air, yaitu vitamin A, D, E, K, akan menumpuk dalam tubuh kita yang dapat menyebabkan keracunan, berkurangnya nafsu makan, muntah dan kerusakan hati (hal. 56).
Kisah lain mengenai racun yang dapat menghaluskan keriput. Letnan Duri malu bertemu dengan temannya karena sudah keriput. Oleh saudaranya di sarankan menggunakan botox yang dihasilkan dari racun alami bakteri Clostridium Botulinum yang dinyatakan dapat menghaluskan keriput tetapi dapat juga merengut nyawa pemakainya. Botox ternyata dapat melemahkan otot bagian mata, mengobati penyakit saraf, migraine dan keringat berlebihan.
Kisah lainnya cukup banyak. Ada 50 judul cerita komik yang berhubungan dengan gas dan racun menakutkan.
Buku ini sangat membantu orang tua untuk memperkenalkan dunia sains dengan cara yang menyenangkan.

Peresensi :











Sujarni, S.Pd. Guru IPA MTs Negeri 3 Bekasi . Alumni Universitas Lampung.

****

Catatan:
Pengiriman naskah review tanggal 15 Maret 2019
Pemuatan review di Koran Harian Padang Ekspress tanggal 24 Maret 2019
Berhonor 
Pembayaran honor bisa di ambil di kantor Surat Kabar Harian Padang Ekspress atau konfirmasi ke Penanggung jawab koran tersebut.

semangat ya... mari membiasakan membaca buku. Buku itu gudangnya ilmu.
Salam Literasi.











Tidak ada komentar:

Posting Komentar